Hai AutoLovers

Selamat datang di blog kami, dapatkan ilmu-ilmu otomotif di sini

Kamis, 09 April 2009

Motor 2 Tak

Did you know motor 2 tak? Mungkin anda sering dengar motor atau mesin 2 tak. Namun tahu kah Anda apa maksudnya.

Motor 2 tak yaitu motor atau mesin yang satu kali proses kerjanya melalui 2 langkah torak atau satu kali putaran poros engkol. Jadi setiap satu putaran engkol terjai satu kali langkah usaha/ kerja.

Berikut langkah kerjanya :

1. Langkah 1

Torak bergerak ke atas, saluran hisap terbuka. Bahan bakar masuk. Ruang di bawah torak (ruang engkol) terisi oleh campuran bahan bakar dan udara. Sedangkan ruangan diatas torak (ruang bakar) sedang mengalami pengkompresan udara dan bahan bakar.

2. Langkah 2

Ruangan di atas torak terjadi langkah usaha. Torak bergerak dari TMA ke TMB. Saluran hisap tertutup oleh torak. Dan campuran udara dan bahan bakar mulai terdesak ke saluran bilas.

3. Langkah 3

Torak hampir mencapai TMB. Lubang saluran bilas terbuka, bahan bakar di ruang engkol naik ke ruang bakar. Sedangkan saluran buang juga terbuka, gas sisa pembakaran tebuang ke udara luar melalui lubang tersebut. Karena perbedaan suhu dan tekanan udara. Keluarnya gas sisa juga dibantu dengan dorongan dari udara dan bahan bakar baru. Sehingga ada juga gas baru yang ikut terbawa keluar. Itulah mengapa motor 2 tak lebih boros dan dari knalpotnya mengeluarkan asap.

Rabu, 08 April 2009

Motor

Tahukah Kamu apa sebenarnya motor itu? Ya salah satunya sepeda motor. Namun sebenarnya motor ada berbagai jenis, seperti motor torak, motor wangkel dan motor turbin.

Motor adalah suatu alat yang berguna mengubah tenaga primer atau bahan bakar menjadi panas dengan jalan pembakaran, kemudian merubahnya jadi tenaga mekanis. Sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan benda.

Motor ada dua yaitu motor pembakaran luar dan motor pembakaran dalam.

A. Motor Pembakaran Luar

Yaitu motor yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi diluar siklus motor itu. Contoh motoh ini adalah lokomotif. Proses pembakaran pada mesin ini terjadi di luar mesin itu. Bahan bakar(kayu, batubara) dibakar di suatu ruangan kemudian energi panasnya digunakan untuk menguapkan air. Uap air ini lah yang mampu menciptakan enrgi mekanis.

B. Motor Pembakaran Dalam

Motor ini melakukan proses pembakarannya di dalam motor iu sendiri. Tempat bahan bakar dibakar biasanya disebut ruang bakar. Disini lah terjadinya perubahan energi.

Motor pembakaran dalam ada beberapa jenis, yaitu :

1.Motor Torak
Setelah bahan bakar terbakar diruang bakar, timbul energi panas. Energi ini mendorong torak bergerak naik turun. Oleh engkol, gerak bolak-balik(reciprocal) torak dirubah menjadi gerak putar. Motor torak dipakai pada mesin otto dan mesin diesel. Mesin otto atau lebih dikenal mesin bensin kali pertama ditemukan oleh . Sedangkan mesin diesel penemu pertamanya adalah Diesel.








2.Motor Wangkel
Pertama kali dicoba pada Februari 1975. Motor ini toraknya bergerak berputar atau berotasi. Motor terdiri dari rotor segitiga sama sisi dan silinder oval. Motor jenis ini tidak banyak digunakan. Tetapi ada juga yang mengembangkan. Seperti Mazda dengan Mazda RX-8 nya dan juga Mercedes Benz. 2. Motor Turbin Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil. Pembakaran berlangsung secara terus menerus. Motor jenis ini tidak digunakan di Otomotif tetapi lebih banyak dipakai untuk pembangkit listrik. Contoh penggunaan Pesawat terbang, penggerak generator listrik.



3.Motor Turbin

Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil. Pembakaran berlangsung secara terus menerus. Motor jenis ini tidak digunakan di Otomotif tetapi lebih banyak dipakai untuk pembangkit listrik. Contoh penggunaan Pesawat terbang, penggerak generator listrik.