Silinder mesin antara mesin mobil kecil, mobil berat dan mesin pesawat terbang tentunya berbeda sesuai kegunaan dan berdasarkan fungsinya. Volume silinder pun juga mempengaruhi. Mesin sepeda motor yang cc nya kecil dengan mesin mobil yang cc nya mencapai 1000 sangat berbeda. Pembedaan susunan silinder juga dimaksudkan agar tekanan pada poros engkol dapat terbagi secara merata.
Adapun beberapa bentuk susunan silinder sebagai berikut :
1. Mesin Type Inline atau Sebaris
Type ini yang paling sering dipakai. Karena pembagian tekanan pada poros engkol merata. Untuk mesin dengan silinder sedikit bagus. Tetapi kalau silinder terlalu banyak, misal lebih dari empat atau
2. Mesin Type V
Umumnya dipakai pada mesin dengan silinder lebih dari empat dan
3. Mesin Type Boxer atau Horizontal
Mesin ini silindernya melintang. Posisi torak saling berlawanan. Sudut yang dibentuk mencapai 1800. Mesin type ini jarang digunakan pada mobil-mobil penumpang. Salah satu mobil penumpang yang memakai mesin seperti ini adalah Subaru Tribeca. Bentuk mesin seperti ini tentu memakan ruang mesin yang harus lebar. Keuntungannya dari segi bentuk
yaitu mesin tidak tinggi alias rendah.
4. Mesin Type Rotary