Hai AutoLovers

Selamat datang di blog kami, dapatkan ilmu-ilmu otomotif di sini

Rabu, 29 April 2009

Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel

Mesin bensin, mesin diesel! Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata itu. Barang kali saat mendengar mesin bensin, Anda langsung teringat mobil sedan sekelas S 80. Sedangkan kalau mendengar kata diesel mungkin bayangan Anda adalah mobil-mobil angkutan barang seperti truk atau bus kota. Memang kebanyakan begitu lah adanya. Mesin diesel untuk kendaraan berat dan mesin bensin untuk kendaraan penumpang. Walaupun sama-sama mesin mobil, kedua mesin berbeda.

Namun pada dasarnya mesin bensin dan mesin diesel hampir lah sama. Keduanya sama-sama memakai torak sebagai komponen utama pemroses atau penghasil tenaga. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuat keduanya tidak sama.

Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel antara lain :

  1. Mesin bensin memakai bahan bakar bensin atau Premium keatas sedangkan mesin diesel memakai solar.
  2. Mesin bensin yang dihisap dan dikompresi adalah campuran bensin dengan udara. Sedangkan mesin diesel hanya udara saja.
  3. Perbandingan kompresi mesin bensin 7-12 sedangkan mesin diesel 15-23 lebih tinggi daripada mesin bensin.
  4. Tekanan pembakaran mesin bensin adalah 3 – 6 Mpa ( 30 – 60 bar ) sedangkan pada mesin diesel yaitu 4 – 12 Mpa ( 40 – 120 bar )
  5. Temperature pembakaran mesin bensin 300o-600oC sedangkan diesel mencapai 700o-900oC.
  6. Mesin bensin cara pembakaran bahan bakar Spark Plug Ignition Engine atau membakaran dengan bantuan busi. Sedangkan mesin diesel Ignition Compretion Engine atau pembakaran dengan temperature kompresi atau pembakaran sendiri.

7. Campuran bahan bakar mesin bensin dan diesel juga berbeda. Termasuk perbandingan saat campuran kurus dan kaya. Berikut adalah tabel perbandingan campurannya :

Ternyata cukup banyak juga ya perbedaannya. Maka dari itu lah peruntukan tiap mesin berbeda-beda.

Sumber : Instruktur SMK N 2 Kendal



2 komentar:

  1. Diesel berisik dan berasap ? Mungkin dulu iya, tapi sekarang dengan kemajuan teknologi nggak lagi. Mesin diesel sekarang juga sudah banyak diaplikasi untuk passenger car. Mungkin Panther adalh salah satu produsen yang terus exist di Indonesia, Tapi diluar, pabrikan besar seperti renault, mercy, VW, Volvo terus memproduksi dan menyempurnakan teknologi mesin diesel. Dari mulai injeksi Common rail sampai independent fuel injection. Hasilnya : Mesin diesel yang kompak, kecil, irit, bertenaga, dan yang pasti ramah lingkungan.

    BalasHapus
  2. Terima kasih memang benar kini mesin diesel sudah banyak digunakan sebagai passenger car yang terbukti lebih menguntungkan. Kelak diesel akan semakin berkembang dengan adanya biodiesel.

    BalasHapus